Saturday 10 December 2011

gerhana bulan

hak . . . tud'dia semua orang pakat dok kat luar rumah tengok fenomena gerhana bulan yahh termasok lha family aku nih . mami aku cakap bukan tengok saja tapi disamping tu selawat sama . mami cerita , masa dulu-dulu kalau gerhana bulan orang semua takot . takot sebab nak kiamat tapi sekarang ni tah lha -' dalam seronok yang kita kecap , tengok n nikmati keindahan ciptaan Allah SWT nih jangan kita lupa mengucap n memuji-muji nama-Nya yang berkuasa keatas segala yang berlaku di alam semesta nih kerana Dia yang mencipta . WalLahhua'lam^

aku besyukur
gerhana bulan ni bagi aku satu kekuasaan Allah kepada alam semesta nih^AlhamdulilLah

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله لا ينخسفان لموت أحد ولا لحاته , ولكن يخوف الله بهما عباده , فإذا رأيتم ذلك فادعوا الله , وكَبِّرُوا , وصَلُّوا , وتصَدَّقُوا , حتى ينكشف مابكم – رواه البخارى ومسلم عن عائشة

Bahawa matahari dan bulan adalah dua tanda kekuasaan Allah, gerhana matahari dan bulan bukanlah tanda kematian seseorang tetapi sebagai tanda supaya hamba-hamba Allah takut kepada Allah, Maka apabila melihat gerhana hendaklah kamu berdoa, bertakbir,melakukan solat dua rakaat sehingga hilanglah apa yang telah berlaku.

Kitab Tahziful At-Raful hadis.m/s;87.




Bagi orang Arab Quraisy, gerhana bulan dikaitkan dengan kejadian-kejadian tertentu, seperti adanya kematian atau kelahiran, dan kepercayaan ini dipercaya secara turun temurun sehingga menjadi keyakinan umum masyarakat.
Di zaman Rasulullah, misalnya, pernah terjadi gerhana matahari yang bersamaan dengan kematian putra Rasul SAW yang bernama Ibrahim. Orang-orang pada saat itu menganggap terjadinya gerhana karena kematian putra Nabi tersebut.
Pemahaman yang salah ini diluruskan oleh Rasulullah. Dalam Islam, gerhana bulan adalah bentuk keagungan Allah sebagai Maha Pencipta. Sebagaimana sabda Rasullah SAW dalam Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.044, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat gerhana tersebut, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”
tapi apa yang aku tulis ni may be perspektif aku with segelintir umat islam lain . macam mana perspektif ataupun kepercayaan bangsa-bangsa lain plak ? let's see thiss . . .


 bagi sekelompok masyarakat atau bangsa-bangsa lain, gerhana bulan dikaitkan dengan berbagai mitos dan tahayul. Di negeri China, orang percaya bahwa seekor naga langit membanjiri sungai dengan darah lalu menelannya. Itu sebabnya orang Cina menyebut gerhana sebagai “chih” yang artinya memakan.

Sampai abad ke 19 mereka biasanya membunyikan petasan untuk menakut-nakuti sang naga. Orang Indian juga percaya bahwa seekor naga lah yang membuat gerhana bulan. Mereka lalu menyembah sang naga dengan berendam sampai sebatas leher.

Sementara di Jepun , orang percaya bahwa waktu gerhana ada racun yang disebarkan ke bumi. Dan untuk menghindari air di bumi terkontaminasi racun, mereka menutupi sumur-sumur mereka.

Lalu, Kaisar Louis dari Perancis wafat setelah mengamati gerhana di tahun 840. Konon ia begitu bingung saat kegelapan selama 5 menit dan meninggal karena begitu takut.

The earth casts its shadow over the moon during a total lunar eclipse in Frankfurt, Germany, Wednesday, June 15, 2011.


 di Indonesia pula , khususnya Jawa menganggap bahwa Batara Kala alias raksasa jahat, memakan bulan. Maka masyarakat Jawa khususnya anak-anak ramai memukul kentongan pada saat gerhana untuk menakut-nakuti dan mengusir Batara Kala.

The moon is seen during a total lunar eclipse in Nairobi, Kenya, Wednesday, June 15, 2011. Asian and African night owls were treated to a lunar eclipse, and ash in the atmosphere from a Chilean volcano turned it blood red for some viewers. Astronomical calculations confirm that it would be one of the two longest total lunar eclipses of the century. A total of 85 total lunar eclipses, according to the scientists, will be taking place this century of which the longest total lunar eclipse will occur on July 27, 2018.

In this 6-picture combo the Earth casts its shadow over the moon (beginning top left) in a Total Lunar Eclipse as seen Wednesday, June 15, 2011 in Tel Aviv, Israel.

how is great God creation^ Thank you Allah SWT / Allah'huakbar !

No comments:

Post a Comment